Home » , » Tips Memilih Study Sesuai Bakat

Tips Memilih Study Sesuai Bakat



Tips Memilih Study Sesuai Bakat. Mengapa kita harus memilih study yang sesuai bakat kita? Dari segi hoby pasti kita lebih senang dalam menjalani study tersebut. Lalu bagaimana caranya untuk memilih study sesuai bakat kita? Berikut ini terdapat sedikit tips dalam memilih study yang sesuai dengan bakat kita.

Artikel ini saya kutip dari: http://www.sampoernafoundation.org/Tips/tips-memilih-studi-sesuai-bakat.html

Pendidikan adalah ”kunci” bagi masa depan. Jika pendidikan dimaksimalkan sesuai dengan bakat dan minat, maka jalan kesuksesan akan terbuka. Sayangnya, masih banyak orang yang mengambil pilihan bidang studi berdasar pilihan emosional semata. Karena bidang pekerjaannya banyak, karena ingin menyenangkan orangtua, karena merupakan jurusan favorit, atau alasan lainnya. 
Padahal, sejatinya, masa depan adalah milik kita. Karena itu, demi memaksimalkan pengembangan diri, maka pendidikan seharusnya mampu disesuaikan dengan bakat. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan: 
  • Carilah mata pelajaran yang kita sukai dalam studi sehingga mampu membuat kita bahagia. Eksplorasilah semua hal yang kita senangi karena bisa jadi itulah bakat yang akan membawa sukses. 
  • Dengarkan suara hati dan jangan pedulikan tanggapan orang lain. Boleh mendengar masukan, tapi kita sendiri yang menentukan jalan menuju masa depan. 
  • Cobalah gali informasi lebih jauh tentang bidang studi yang akan kita pilih. Dengan informasi tersebut, kita bisa menyesuaikan bidang studi dengan apa yang membuat kita nyaman dan menikmati saat menjalaninya. 
  • Jika merasa belum menemukan bakat yang tepat, jangan putus asa. Masih ada proses panjang sehingga kita benar-benar mampu menemukan apa yang paling tepat untuk bisa dimaksimalkan demi masa depan. 
  • Banyaklah bertanya pada orang-orang di sekeliling kita tentang berbagai pilihan studi. Semakin banyak referensi, kita akan semakin memiliki banyak alternatif bidang studi apa yang sesuai untuk mendukung pencapaian impian kita. 
  • Setiap orang pasti memiliki keunikan sehingga ia merasa lebih percaya diri dengan keunikan tersebut. Carilah bidang studi yang bisa mendukung dan memberi kesempatan berkembang pada bakat unik tersebut. 
  • Fungsi pendidikan di sekolah adalah mediator dan katalisator. Maka, sepenuhnya, diri kita sendirilah yang menentukan apa yang terbaik untuk diri. Karena itu, jika sudah memilih, bertanggung jawablah pada pilihan tersebut dengan selalu melakukan yang terbaik dengan apa yang kita bisa. 
  • Referensi lain juga bisa didapatkan lewat tes minat dan bakat di lembaga psikologi . Lewat tes ini, kita dapat mengetahui hasil gambaran minat dan bakat kita sebenarnya, kenderungan intelejensia, serta profesi yang cocok di masa depan. 
  •  Jangan pernah menyepelekan atau membandingan satu bidang studi dengan yang lainnya. Sebab, semua bidang pasti ada manfaatnya. Maka, jika belum merasa sesuai pilihan, jangan langsung merasa salah jurusan. Cobalah beradaptasi. Siapa tahu, justru di sanalah bakat kita yang terpendam akan muncul keluar dan menjadi sesuatu yang luar biasa. 
Demikianlah sedikit tips dalam memilih bidang study atau jurusan yang sesuai dengan bakat kita, teruslah belajar dan tatap masa depan dengan iman, ilmu, dan bahagia.

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 comments:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete