Home » » BIOENERGI Dikembangkan dari Tanaman Hutam

BIOENERGI Dikembangkan dari Tanaman Hutam

JAKARTA: Kementerian Kehutanan berencana memperkuat penelitian dan pengembangan bioenergi yang berasal dari tanaman hutan.

Kepala Pusat Litbang Keteknikan dan Pengolahan Hasil Hutan Putera Parthama mengungkapkan pihaknya kini telah menguasai sebagian teknologi pengembangan bioenergi dan sudah dapat diadopsi mulai tahun depan.

Menurut Putera, bioenergi tanaman hutan diharapkan dapat mengatasi persoalan distribusi bahan bakar yang mahal karena bisa diproduksi secara regional. Di samping itu, jenis-jenis sumber energi yang diproduksi juga sangat fleksibel disesuaikan dengan ketersediaan bahan baku setempat.

Bahan baku bioenergi yang berasal dari tanaman hutan dihasilkan dari berbagai jenis lignocellulosic atau kayu, limbah pertanian, perkebunan dan kehutanan, serta rumput-rumputan.

Putera berharap ke depan pengembangan bioenergi yang diperoleh dari hasil hutan kayu dapat disusun dalam roadmap yang menyinergikan kepentingan antarkementerian.

“Belum ada rancangan umum untuk menghasilkan kesatuan langkah. Selama ini setiap sektor masih berjalan sendiri-sendiri, belum sistematis, sehingga berjalan lamban dan tidak sesuai harapan,” ungkapnya kepada Bisnis hari ini (Senin 17/9/2012).

Potensi pengembangan bioenergi sangat menjanjikan mengingat melimpahnya hasil kayu bernilai kalori tinggi. Bahan baku woodpellet, misalnya, dapat diperoleh dari limbah industri penggergajian, limbah tebangan, dan limbah industri kayu lainnya.

Hasil olahan kayu, misalnya, dapat dikemas dalam bentuk pellet yang berdiameter 6 – 10 mm dan panjang 10 – 30 mm. Dengan Kadar abu yang rendah sekitar 0,5%, woodpellet mengandung tingkat kapasitas energi hingga 4,7 kWh per kilogram atau setara 19,6 gigajoule per miligram.

“Ke depan, perlu dibangun political will yang menjadikan program nasional rancangan umum nasional bioenergi kehutanan. Investor nantinya akan diberikan semacam insentif seperti kemudahan izin hutan tanaman industri untuk tanaman kayu energi,” jelasnya. (sut)

source: http://www.bisnis.com/articles/bioenergi-dikembangkan-dari-tanaman-hutam

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 comments: