Home » , » Pendapat Tentang Bisnis Online di Indonesia

Pendapat Tentang Bisnis Online di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Potensi bisnis online belum dimanfaatkan secara optimal oleh umat Islam. Padahal, pemanfaatan itu berpotensi memperbaiki tingkat kesejahteraan umat.

Abah, anggota komunitas TanganDiatas.com mengungkap minimnya pemanfaatan layanan bisnis online oleh umat Islam disebabkan dua hal utama yakni ketidak tahuan cara berbisnis online dan kurangnya keberanian.

“Umat Islam ini seolah tidak percaya diri dan ragu apakah bisnis online sesuai dengan syariat atau tidak,” kata dia kepada republika.co.id, saat selepas menjadi pembicara dalam talkshow Republika Ramadhan Fair 1432 H / 2011 M bertajuk Bincang Bisnis Online yang berlangsung di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis (4/8).

Dikatakan Abah, berbisnis online memberikan manfaat besar terhadap umat, utamanya dalam memberikan peluang kerja. Disamping itu, bisnis online terhitung mudah dilakukan siapa saja lantaran tidak membutuhkan modal besar. “Manfaat lain, melalui bisnis online, kita dapat membuka pasar global, sebab aksesnya sangat besar,” kata dia.

Yang terpenting, kata dia, sebagian besar produk Indonesia sangat layak bersaing dengan produk luar. Karena itu, tidak perlu lagi ada kekhawatiran bahwa produk Indonesia sulit bersaing. “ Kita harus terbuka terhadap tren dan melatih keberanian dalam berbisnis online,” kata dia.

Abah mengatakan langkah awal untuk memulai bisnis online sangat mudah dilakukan. Hak ubu bisa diawali dengan memperkenalkan produk yang akan ditawarkan, entah melalui jejaring sosial atau membeli laman. Lalu, optimalkan kelebihan produk dalam bentuk penulisan yang apik. “Kita perlu untuk memposisikan diri sebagai pembeli ketika memulai bisnis online. Dengan demikian, akan ketemu dengan sendirinya hal apa yang akan dicari pembeli,” kata dia.

Dikatakan Abah, ketika jangkauan produk terpenuhi, secara otomatis, search engine seperti google akan menangkap produk yang ditawarkan. Selanjutnya, umat perlu mencari link yang dapat mendongkrak keberadaan produk.

Seperti produk yang ditawarkan terhubung dengan website republika, maka dengan sendirinya produk yang ditawarkan meluas kepada setiap pembaca republika. “Logikanya, kalau kita bergaul dengan bupati maka aksesnya akan berbeda ketika kita bergaul dengan masyarakat biasa,” kata dia.

Hal lain yang perlu diperhatikan, kata Abah, bisnis online akan terus berkembang. Sebagai indikator, perusahan-perusahan asing seperti Google atau E-bay telah membuka kantor cabangnya di Indonesia. Belum lagi pengguna internet di Indonesia terus meningkat. “Jadi, kembali kepada kita, apakah hanya ingin sebagai pembeli atau pedagang,” pungkas dia.



source: http://id.berita.yahoo.com/bisnis-online-belum-dimanfaatkan-secara-optimal-141114974.html

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

4 comments:

  1. nice share om, kerennn

    Toko Online Penyedia Berbagai Macam Produk Berkualitas
    https://www.rifana.co.id

    ReplyDelete
  2. Manstapppp infonya gan....
    yang mau bisnis jualan pulsa silahkan klik disini dijamin bukan penipuan
    http://www.distributor-pulsaelektrik.com/?id=hanungcell

    ReplyDelete
  3. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya artikel kami
    http://idrmonopolyindo.blogspot.com/
    Web kebanggaan monopoli online indonesia http://www.indomonopoly.com/

    ReplyDelete
  4. makasih infonya. mantap
    mampir http://robbunallah.blogspot.co.id/

    ReplyDelete