Home » » Menjadi Blogger TOPCER | Tips & Trik Menulis Pada Blog

Menjadi Blogger TOPCER | Tips & Trik Menulis Pada Blog


Guys, senang ya dengan adanya Internet. Saat ini kita sudah bisa go public menjadi seorang penulis cerita apa saja di Weblog/Blog. Pembacanya luas, siapa saja dapat mengakses blog pribadi kita. Bisa teman-teman terdekat, keluarga yang menunggu curhatan atau diary pribadi kita atau bahkan orang lain yang tertarik dengan tulisan kita. Sehingga, bukan tak mungkin tulisan di blog kita dapat menjadi solusi dan pemikiran berharga bagi orang lain. Tak jarang pula saat ini beberapa media seperti majalah atau tabloid mengutip atau mengambil bahan rubrik dari blog pribadi (setelah sebelumnya meminta izin si-empunya). Jadi tambah meluaskan penikmat tulisan kita? Hiks, kita juga bisa terkenal akhirnya.


Tentu kita menginginkan tulisan yang semakin lama semakin baik di blog pribadi kita. Bukan yang sekadar atau seadanya. Karena inti dari sebuah blog adalah tulisan yang baik. Fasilitas teknologi dan desain hanya akan mendukung serta mempercantik tampilan di blog kita. So, masalah kualitas dan isi blog berupa tulisan tentu diukur kepiawaian kita merangkai kata-kata. Misalnya saja, ini bedanya tulisan seseorang dalam blog mereka :

Seorang Profesionalakan menulis
Odessa sangat indah di musim semi

Sementara penulis lain menulis :

Mungkin agak klise ya, kalau kita tinggal di negara-negara empat musim pasti merasakan dinginnya musim salju, dan juga musim-musim yang lain. Sekarang  saya tinggal di Odessa, kota yang bagus, apalagi saat ini sudah awal April, sudah musim semi dan sudah mulai hangat, setelah kemarin baru saja selesai musim dingin yang suhunya -28 derajat celcius.
Agak terasa beda kan? Seorang penulis profesional ialah penulis yang percaya diri, tidak canggung dan tidak ragu dalam menuangkan ide dan perasaannya.
Berikut tips-tips yang saya dapatkan dari beberapa pakar menulis blog, agar kita dapat menulis blog yang lebih baik lagi :)
  1. Tulis sambil membayangkan para pembaca blog kita. Apa yang akan mereka dapatkan? Karena para pembaca blog akan membaca tulisan kita dan mencari apa sebenarnya isi tulisan kita untuk mereka.
  2. Buat tulisan kita berharga dan berarti untuk para pembaca.
  3. Periksa kembali tulisa, ejaan dan tata bahasa tulisan kita.
  4. Keep it short and simple, sweetie (KISS)! Buat tulisan kita pendek dan sederhana, menulis postingan tulisan yang pendek namun sering akan lebih baik.
  5. Buat tulisan kita hidup! Menulislah seperti kita berbicara dengan teman atau kita sendiri. Jangan ragu untuk menulis humor atau anekdot yang lucu seolah-olah kita menyampaikan langsung di hadapan mereka :)
  6. Sering membuat link. Link akan membangun kredibilitas dan posisi kita sebagai seorang ahli di bidang yang kita inginkan. Membuat link ke blog dan website lain juga membantu kita membangun jaringan dengan yang lain.
  7. Gunakan kata kunci lebih sering. Selain akan menguatkan tujuan utama kita dalam menulis, fasilitas pencarian seperti Google akan menyukai blog kita. Ranking blog kita akan naik, karena topik tulisan yang kita bangun jelas dan konsisten.
  8. Kristalkan detail-detail cerita kita, daripada hanya menyampaikan fakta yang terjadi. Misalnya kita bercerita mengenai betapa berantaknya kita seminggu ini menjelang pengumpulan tugas di sekolah. Jelaskan mengapa dan buat orang lain tertarik dengan menceritakan detail-detailnya seperti bagaimana detailnya kamar kita, bagaimana dan mengapa kita sampai belum mandi selama seminggu seminggu dan lain-lain, hehe :)
  9. Pasanglah judul atau headline yang jelas dan jangan ragu untuk sesekali menghitamkan tulisan kita.
  10. Tulis sesuatu yang baru! Selain meng-klik ke berbagai artikel  atau mendiskusikan desain atau berita terbaru, mari kita tuangkan ide baru dalam tulisan di blog kita! 


Sip,selamat menulis blog ya!

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment