Home » » Apa itu autis?

Apa itu autis?


Gejala autis bagi anak-anak merupakan suatu hal yang masih tabu untuk sebagian orang tua atau bahkan menakutkan.
Namun gejala autis dapat ditangani dengan terapi melalui makanan. Makanan yang disajikan tentu saja terdiri atas bahan-bahan yang bebas dari zat-zat pemicu autisme. Terapi terhadap gangguan autisme dilakukan secara komprehensif yaitu terapi biomedikal. Anak yang menderita autisme biasanya alergi terhadap makanan. Pengaturan makanan dengan benar akan dapat membantu menurunkan gangguan autis.
Pada umumnya anak autis menderita alergi terhadap beberapa jenis makanan seperti udang, ikan, gandum, telur, dan masih banyak lagi. Apabila anak alergi terhadap makanan tertentu maka pemberian terhadap makanan tersebut dihindari namun bukan berarti harus dihentikan karena seiring bertambahnya usia anak, pemberian makanan tersebut dapat dimulai lagi secara bertahap.
Makanan yang berpotensi menghasilkan zat-zat pemicu autisme antara lain makanan yang mengandung gluten dan kasein. Gluten merupakan protein yang terdapat dalam tepung terigu, oat/gandum, dan barley. Sedangkan kasein terkandung dalam susu dan berbagai hasil olahannya yaitu keju dan yoghurt. Gluten dan kasein dapat dihindari dengan memberikan nasi, tepung singkong, susu kedelai, buah-buahan, serta sayuran. Selain itu zat penyedap dan pewarna makanan juga perlu dihindari dalam penyajian makanan.
Pengaturan makan pada anak perlu dilakukan antara lain dengan memberikan makanan yang mengandung gizi seimbang kepada anak seperti sayuran dan buah dengan tujuan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Apabila memasak pilihlah minyak yang sehat seperti minyak sayur, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, maupun minyak kedelai. Selain itu juga perlu menghindari beberapa makanan seperi (junk food) dan gula terutama pada anak yang hiperaktif dan menderita infeksi jamur. Gula dapat diganti dengan fruktosa (semisal madu) karena penyerapannya lebih lambat dari gula.

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment