Home » » Universitas Airlangga Sukses Hasilkan Vaksin Flu Burung Lokal

Universitas Airlangga Sukses Hasilkan Vaksin Flu Burung Lokal

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---Laboratorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil mendapatkan benih vaksin flu burung. Vaksin tersebut telah siap diproduksi massal untuk mengantisipasi adanya wabah flu burung.

Bibit vaksin flu burung tersebut diserahkan Unair kepada Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Ahad (21/8). Selanjutnya Menko Bidang Kesra, yang juga adalah Ketua Komnas Zoonosis menyerahkan kepada Dirut PT. Biofarma untuk diproduksi menjadi vaksin.

Agung mengatakan vaksin tersebut untuk mengantisipasi terulangnya wabah flu burung dalam negeri. Diharapkan, vaksin tersebut dapat menjamin ketersediaan di dalam negeri sehingga tidak perlu mengimpor.

Vaksin tersebut sudah dapat diproduksi secara massal. Dia menghimbau agar vaksin dapat dijual lebih murah. Jika perkembangan produksi nanti bagus, vaksin tersebut juga bisa diekspor.

Ketua peneliti dari Avian Influenza Laboratorium Unair, CA. Nidom menerangkan bibit vaksin tersebut merupakan hasil rekonstruksi virus. Hasilnya telah diujicobakan pada hewan. “Kita buat virus baru dari rekonstruksi virus di lapangan. Virus ini sudah melalui riset pada hewan dan hasilnya baik, “ ujarnya.

Sementara itu, perwakilan PT Biofarma, Iskandar mengatakan pihaknya mentarget vaksin flu burung sudah dapat dijual pada 2014 mendatang. Hal itu lantaran vaksin masih memerlukan riset dan ujicoba lanjutan. “Kita harapkan dengan adanya vaksin itu kita lebih siaga terhadap pandemic flu burung, “ ujarnya.



source: http://id.berita.yahoo.com/universitas-airlangga-sukses-hasilkan-vaksin-flu-burung-lokal-120603672.html

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment