Home » , » Produsen Game Final Fantasy Ajak Developer Indonesia

Produsen Game Final Fantasy Ajak Developer Indonesia

KOMPAS.com - Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) dan salah satu pengembang game terkemuka di dunia Square Enix meluncurkan kompetisi untuk mencari ide dan mobile game terbaik dari Indonesia berbasis Android, platform smartphone paling populer saat ini. Yang menarik, Square Enix memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk menggelar kompetisi ini.

"Kami sangat senang bisa menggelar perlombaan ini di pasar yang tumbuh begitu pesat," tutur Keiji Honda, Executive Vice President and Representative Director Square Enix dalam siaran pers yang diterima Kompas.com. "Kami sudah survei ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina, tapi kami justru tertarik dengan Indonesia."

Perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo itu merupakan penerbit games-games laris macam Final Fantasy yang terjual 100 juta unit di seluruh dunia, Dragon Quest terjual 58 juta unit di seluruh dunia, dan Tomb Raider yang terjual lebih dari 35 juta di seluruh dunia.

Perusahaan raksasa ini sangat terkesan dengan pesatnya pertumbuhan games di Asia. Tahun 2009 saja penjualan games di negara-negara Asia, termasuk China dan Indonesia, sudah mencapai angka Rp 88 triliun atau sekitar 70 persen dari pasar games dunia. Bahkan penjualan game-game berbasis mobile diperkirakan akan mencapai Rp 10 triliun tahun ini.

Rencananya, Square Enix akan mengucurkan dana untuk memasarkan games-games karya anak-bangsa tersebut ke pasar Indonesia dan belahan dunia lainnya. Square Enix akan memasarkan mobile games hasil kompetisi tersebut di Indonesia terlebih dahulu sembari melihat peluang untuk masuk ke pasar-pasar negara lain. Yang unik, para pemenang akan tetap memiliki hak cipta karyanya.

"Dalam kompetisi ini pemenangnya akan bisa terus menikmati jerih kreatifitasnya melalui royalty yang akan mereka terima setelah dipasarkan Square Enix," kata Sekretaris Jenderal MIKTI, Hari Sungkari.

Kompetisi dimulai 1 Agustus 2011. Penjurian akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 19-22 September, dilanjutkan di Tokyo, 23-27 September. Juri akan memilih 10 ide games terbaik serta 3 games terbaik untuk mobile phones berbasis Android, OS paling dominan di dunia saat ini. Tiga Games yang sudah jadi dan 10 ide games terbaik akan dipersembahkan dalam acara ICT Award di Jakarta, 4-5 Oktober nanti.

Para pemenang dan MIKTI akan bertindak sebagai pengembang sementara Square Enix akan menyediakan total hadiah sebesar Rp 90 juta, sebagai dana awal. Selain itu mereka juga akan bertindak sebagai Publisher (Penerbit), termasuk membiayai pemasaran dan distribusi games pemenang di Indonesia dan ke seluruh dunia.

Untuk mempromosikan kompetisi ini, MIKTI akan menghadirkan Takashi Tokita, Produser Square Enix yang baru saja meluncurkan game Final Fantasy Legends untuk mobile phone. Mereka juga akan bekerjasama dengan British Council untuk menghadirkan kembali Ian Livingstone, produser legendaris games Tomb Raider dan Presiden Seumur Hidup Eidos yang kini menjadi anak perusahaan Square Enix.

Jadwal Roadshow:

- BANDUNG, Selasa, 9 Agustus 2011: ITB, Fakultas Elektro, Jurusan Games Technology

- JAKARTA, Kamis, 11 Agustus 2011: Universitas Bina Nusantara, Fakultas Ilmu Komputer, Kampus Anggrek

- YOGYAKARTA, 12 Agustus 2011: AMIKOM JOGJAKARTA, Fakultas IT & Ilmu Komputer




source: http://tekno.kompas.com/read/2011/08/03/09533934/Produsen.Game.Final.Fantasy.Ajak.Developer.Indonesia

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment