Home » » Tips Merawat Rambut

Tips Merawat Rambut

Tips Merawat Rambut
Merawat rambut tidak mudah bila anda tidak memahami dan mengenali jenis rambut anda. Mulailah anda untuk mengenali jenis rambut anda sehingga anda bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Bila rambut anda berjenis berminyak, ada beberapa penyebab sehingga rambut anda berminyak antara lain karena faktor keturunan, aktivitas hormon yang terlalu tinggi, terlalu sering atau jarang mencuci rambut. Sebaiknya jika anda mempunyai rambut yang berminyak maka gunakan shampo dan conditioner yang ringan. Jangan menggunakan sikat rambut atau memegang rambut terlalu berlebihan karena dapat menstimulasi kelenjar sebum. Sebaiknya anda gunakan sisir biasa daripada sikat rambut.

Rambut anda termasuk dalam kategori kering dan rusak, maka gunakanlah conditioner yang mengandung pelembab. Sebaiknya anda hindari melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut anda dalam keadaan baik. Saat menyampo sebaiknya anda gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala.

Rambut kombinasi mempunyai ciri, kulit kepala berminyak tetapi ujung rambut kering. Hal ini bisa disebabkan oleh zat kimia keras. Untuk menghindari stimulasi berlebihan kelenjar sebum, gunakan sisir daripada sikat rambut. Gunakan shampo hanya pada kulit kepala dan kondisioner pada ujung rambut serta lakukan pengguntingan pada ujung rambut setiap 6 minggu untuk menghindari pecahnya ujung rambut.

Jenis rambut rontok bisa disebabkan karena proses penuaan, faktor keturunan, perubahan hormon seperti setelah melahirkan, beberapa obat-obatan dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut yang rontok pada setiap orang rata-rata 100-200 helai sehari untuk menghindarinya maka sebaiknya jangan terlalu keras dalam menyisir dan mencuci rambut anda.

Untuk mencegah ketombe pada kulit kepala anda sebaiknya gunakan shampo anti ketombe sesering mungkin bila diperlukan dan hentikan saat ketombe berkurang. Jika ketombe tidak hilang dalam 2 minggu atau kulit kepala terasa sakit, gatal atau meradang sebaiknya konsultasikan pada dokter. Hindari menggaruk kulit kepala agar mencegah infeksi.

Sebaiknya bila anda sedang hamil jangan mewarnai ataupun mengeriting rambut karena dapat membahayakan janin anda. Saat hamil bisa terjadi perubahan dimana-mana dan hal ini terjadi dibawah pengaruh hormon kehamilan sehingga sulit diterka reaksi rambut. Pengeritingan bisa tidak berhasil atau berhasil tetapi dapat beresiko obat kimia yang digunakan untuk mengeriting meresap melalui kulit kepala ke aliran darah. Sehingga keamanannya terhadap janin diraguan, bila anda ingin mewarnai atau mengeriting rambut anda sebaiknya lakukan sebelum hamil.

Untuk membantu kondisi rambut anda gizi makanan serta shampo yang baik bisa membantu. BIla rambut anda terlihat kurang sehat sebaiknya potong pendek agar memulihkan rambut anda.

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment