Home » » Seven Wonders of the Ancient World

Seven Wonders of the Ancient World

Seven Wonders of the Ancient World, Sejarah Dunia, 7 Keajaiban Dunia Pada Zaman Kuno. Kali ini Global Teens membahas sedikit tentang Sejarah Dunia. Ternyata orang-orang pada zaman terdahulu memiliki sebuah karya-karya yang indah, berikut ini adalah tujuh Keajaiban Dunia yang sangat Fantasit Pada Zaman Kuno.

Berikut ini terdapat sedikit gambar dan ulasan 7 Keajaiban Dunia Pada Zaman Kuno.


1. The Temple of Artemis


Kuil Artemis merupakan kuil terbesar di dunia kuno, dan merupakan kuil termegah yang pernah dibuat peradaban Yunani dan dibangun sebagai penghormatan kepada Dewi Artemis yang merupakan dewa berburu yunani dan merupakan saudara dari Apollo. Kuil ini terletak di Efesus,Turki. Terdiri dari 127 tiang marmer yang berdiri setinggi 20 meter. Bangunan ini dibuat pada abad ke-6 SM tetapi pernah hancur dan dibangun lagi oleh Alexander the Great. Kuil besar ini akhirnya runtuh karena gempa dan sekarang hanya bersisa puing-puing dari bangunan megah ini.

Gambar Miniatur Kuil Artemis
Gamabar Pembuatan Kuil Artemis
Kuil Artemis Saat Ini
Kuil Artemis
Di masa lalu orang Yunani dan Romawi percaya adanya dewa-dewi sebagai penguasa alam ini. Cerita-cerita yang sering kita sebut mitos dikarang untuk mengisahkan cerita dewa-dewi tadi. Mitos itu mempermudah cara menjelaskan benda-benda alam yang tidak dapat dipahami oleh manusia. Mitos itu juga menceritakan bahwa dewa-dewi itu mempunyai kekuasaan istimewa yang digunakan untuk membantu ataupun mencelakakan manusia.
Salah satu Dewi itu adalah dewi pelindung binatang liar, orang Romawi menyebutnya Diana, sedangkan orang Yunani menyebutnya dewi Arthemis. Orang Yunani membangun sebuah kuil untuk menghormati sang dewi dan menempatkan patungnya tepat di dalamnya. Kuil itu terbuat dari batu pualam putih dan berkilauan berkat emasnya. Bangunan tadi demikian besarnya sehingga ada yang mengatakan bahwa kuil itu “menjulang setinggi awan”.
Kuil Arthemis yang didirikan dari 2.500 tahun yang lalu itu lama sekali pembangunannya. Setelah kuil selesai, orang berduyun-duyun dari jauh untuk melihat keajaiban itu. Di kemudian hari kuil tadi hancur dimakan api. Namun orang demikian mencintai Arthemis sehingga membangun kuil yang lebih mengagungkan lagi di tempat itu juga.
Bertahun-tahun kemudian serdadu musuh membakar kuil tadi, dan kuil itu tidak pernah dibangun lagi. Biarpun kuil Arthemis sudah tidak ada lagi, engkau dapat menjumpainya dalam benlam bentuk tulisan di buku sejarah atau di Alkitab sekalipun. Dewasa ini reruntuhan kuil masih dapat engkau lihat di Efesus, Turki.

2. The Statue of Zeus

Patung berhiaskan emas dan berlian ini dibuat oleh Dewan Olympia pada tahun 438 SM untuk menghormati Dewa Zeus. Patung ini dibuat oleh Phidias, seorang pematung dari Athena dan patung ini dibuat di dalam kuil Parthenon. Patung ini hancur bersama kuil Parthenon setelah gempa bumi melanda pada tahun 170 SM

Miniatur Asli Patung Zeus
Pembuatan Patung Zeus

Patung Zeus Saat Ini
Patung Zeus

Beribu-ribu tahun yang lalu orang percaya bahwa dewa penguasa angkasa dan cuaca.
Seorang pemahat Yunani beserta anak buahnya memahat patung Zeus di tempat yang dinamakan Olimpia di Yunani. Belum pernah orang melihat patung dari gading sebesar itu. Zeus duduk di atas takhta dan sedemikian besarnya sehingga kita harus berdiri di puncaknya dan menjulurkan kepala kalau ingin mengintip ke dalam telinganya.
Beberapa orang mengatakan bahwa jika kita memandang patung Zeus sepintas-kilas saja, maka kita akan dapat melupakan semua kesusahan yang sedang kita derita.
Empat tahun sekali penduduk di sekitar Olimpia melangsungkan sebuah festival untuk menghormati Zeus. Kini, lebih dari dua ribu tahun kemudian, bangsa-bangsa dunia masih datang berkumpul empat tahun sekali pada Pertandingan Olimpiade.
Patung raksasa Zeus sudah tiada. Namun orang dari masa itu memberikan pemerian tentang patung tersebut dan dari keterangan mereka para artis dan dari keterangan mereka para artis dapat membuat lukisan ataupun model patung dewa ini.

3. Pyramids of Egypt

Pasti agan-agan semua udah tau keajaiban dunia yang satu ini, yak! ini merupakan piramida yang terletak di Giza dan merupakan keajaiban dunia kuno yang masih ada. Dibangun pada tahun antara 2600 dan 2500 SM, 3 piramida Giza memuat lebih dari 5 juta batu gamping dan dibawa di atas roda kayu hingga menuju atasnya. Menurut Herodot, Piramida terbesar dari ketiga piramida tersebut yang bernama Great Pyramid digunakan untuk makam Fir'aun dan piramida berfungsi mewakili hubungan antara bumi dan langit.

Piramid of Egypt
Sphinx

Keops adalaah raja Mesir Kuno yang menginginkan tempat persemayaman setelah wafat. Maka ia lalu memerintahkan agar rakyat membangun sebuah rumah batu besar berbentuk piramida. Piramida agak mirip sebuah tenda besar, dasarnya hampir sama luasnya dengan lapangan bola dan puncaknya setinggi tangga yang mempunyai lebih dari delapan ratus anak tangga.
Bagaimana orang Mesir membangun piramida itu? Mereka tidak mempunyai truk, atau derek untuk membawa materialnya. Setiap batu sama beratnya dengan empat sapi. Itulah yang menyebabkan lamanya waktu pembangunan piramida tersebut, kurang lebih memakan waktu dua puluh enam tahun untuk membangunnya. Tetapi sekarang kita dapat membangun piramida yang serupa hanya dalam waktu satu tahun.
Piramida besar masih berdiri di Mesir. Orang datang dari seluruh penjuru dunia untuk melihat keajaiban besar yang dibuat untuk melihat keajaiban besar yang dibuat lebih dari empat ribu tahun lalu-satu-satunya keajaiban dunia kuno yang masih berdiri tegak sampai dewasa ini.

4. The Mausoleum at Hailicarnassus

Dibangun antara tahun 370 dan 351 SM, ini merupakan makam dari Raja Mausolus dari Caria oleh istrinya yang berduka, yaitu Ratu Artemisia sebagai peringatan cinta mereka berdua. Makam ini mempunyai tinggi yaitu 45 meter dan dikelilingi oleh 36 siang. Makam ini terus berdiri utuh sampai tahun 1522 masehi sebelum diperintahkan untuk dihancurkan untuk menjadi contoh seni pagan

Makam Raja Mausolus
Makam Raja Mausolus
Makam Raja Mausolus
Makam Raja Mausolus

Andaikata kita hidup beberapa ribu tahun yang lalu, kita akan dapat mengendarai kereta perang berkuda empat seperti yang terdapat di puncak bangunan dalam gambar bawah.
Bangunan itu adalah makam raja Mausolus. Makam itu termasyur karena terbuat dari batu pualam dan emas. Boleh jadi orang-orang yang naik kereta perang itu adalah Mausolus beserta Permaisurinya.
Ketika sang Raja wafat, Permaisuri memerintahkan agar dibuat makam yang akan menjadi masyur dan dikagumi di seluruh dunia. Nama Mausolus masih tetap ada sampai sekarang, yakni dalam kata “mausoleum”. Artinya ialah makam atau kuburan yang terletak di atas tanah.
Makam Mausolus dibangun di sebuah kota kuno bernama Halikarnasus yang menjadi kota Bodrum di Turki sekarang. Makam itu sudah hancur, namun bagian dari kelompok kereta perang itu berhasil diselamatkan. Engkau masih dapat melihat bekas kereta perang itu apabila mengunjungi Museum Inggris di London, Inggris.(GIE)
 
5. The Lighthouse of Alexandria
 
Dibangun untuk memandu kapal ditengah labirin pasir yang menyebabkan malapetaka untuk para pedagang yang mencoba untuk mencapai pelabuhan Alexandria di Mesir. Dibangun pada tahun antara 299 dan 79 SM dan memiliki tinggi sekitar 120 meter.Cermin perunggu yang digunakan khusus untuk memantulkan sinar matahari pada siang hari dan menggunakan api pada malam hari untuk membantu kapal-kapal yang akan bersandar di pelabuhan. Menara ini berdiri utuh sampai runtuh akibat adanya gempa bumi
 
Mercusuar Alexandria
Mercusuar Alexandria
Mercusuar Alexandria


6. The Hanging Gardens of Babylon
Taman indah ini sudah dibangun sejak abad ke-7 SM di tengah gurun Mesopotamia. Ini merupakan kemampuan yang sangat hebat pada zaman itu karena menciptakan sebuah oasis di tengah gurun yang gersang. Taman Gantung ini dibuat oleh Raja Nebukanedzar sebagai tanda kasih kepada istrinya, Semiramis yang merindukan hutan dan mawar dari tanah kelahirannya. Taman itu bertingkat dan dikelilingi tembok kota dan parit agar musuh tidak dapat menyerang. Masih ada keraguan, apakah surga yang hilang ini pernah ada, mengingat penggalian di Babel tidak meninggalkan jejak yang pasti
Taman Gantung Babylonia
Taman Gantung Babylonia
Taman Gantung Babylonia


Dahulu kala hiduplah raja Nebukadnezar di negara yang bernama Babilonia. Ia menikahi seorang putri cantik dari negeri seberang serta membawanya pulang ke Babilon, ibu kota negara Babilonia. Namun ratu baru itu lama-kelamaan merindukan gunung-gunung serta kebun-kebun negerinya.
Maka raja itu memanggil semua arsitek dan ahli pertukangan untuk merancang dan membangun kebun terindah. Para pekerjanya membangun dinding serta teras tinggi untuk meletakkan bunga, pohon bebuahan serta air mancur. Kebun ini merupakan kebun tertinggi yang belum pernah dilihat orang, tingginya sama dengan bangunan bertingkat tiga puluh lima.
Tanpa bantuan peralatan mesin, tidaklah mudah membangun kebun itu. Karang dan batu yang akan digunakan untuk membangun dinding, teras dan air mancurnya harus diseret-seret dari tempat-tempat yang jauh.
Agar kebun tetap hijau dan air mancur tetap aktif, air harus dipompa dari sungai yang sangat jauh tempatnya.
Kita tidak mengetahui kebenaran cerita itu, namun kita memang tahu bahwa kebun tergantung itu benar-benar ada.
Di Irak para ahli purbakala menemukan sumur, selokan serta gudang kosong di bawah tanah yang dahulu mungkin merupakan bagian dari Kebun Tergantung Babilon. Kata “tergantung” membingungkan orang karena kebun tadi sebenarnya tidak tergantung, melainkan hanya menyerupai balkon dan teras.

7. The Colosseum of Rhodes

Sebuah patung perunggu raksasa yang pernah berdiri setinggi 32 meter dengan alas marmer. Patung ini dibuat oleh warga negaranya untuk memuja Helios, Dewa Matahari yang diduga membantu Rhodes mengalahkan Demetrius. Patung ini jadi setelah sepuluh tahun dikerjakan dengan teliti sehingga kakinya dapat menopang berat besar dari badan patungnya. Tapi sayang, pada tahun 227 SM gempa bumi menyebabkan lutut patung ini retak sehingga patungnya goyah dan runtuh menjadi berkeping-keping

Closseum of Rhodes
Closseum of Rhodes
Closseum of Rhodes


Di masa silam dia adalah patung perunggu, namanya Kolosus. Berdiri tegak di dekat pulau kecil di Laut Aegea, Rhodes nama pulau itu.
Tingginya dua puluh kali tinggi manusia, sedangkan ibu jarinya sedemikian besarnya sehingga kita takkan mampu memeluknya. Andaikata kita dapat berdiri di atas kepalanya, kita akan melihat jauh sekali ke daratan dan lautan di seberangnya.
Pada waktu lampau rakyat Rhodes mencoba menyelamatkan pulaunya dalam peperangan melawan ribuan musuh dari negeri seberang. Harapan untuk menang kecil sekali namun setiap pria maupun wanitanya berjuang keras. Akhirnya keberanian penduduk pulau itu memperoleh ganjaran ketika teman mereka Ptolemeus datang membantu dengan membawa sebuah armada kuat untuk menyelamatkan Rhodes. Penduduk Rhodes sangat berterimakasih karena bantuannya, sehingga mereka membuatkan patung untuk mengabadikannya. Para penyair menuliskan keindahannya dan mereka menyebutnya sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Kata “kolosal” pun berasal dari nama patung itu.
Hingga akhirnya suatu waktu bumi bergetar dan merobohkannya, sekarang patung Kolosus itu hanya dapat ditemukan dalam buku, terkadang ditemukan kepingan bagian tubuhnya.






Sekian dulu informasi tentang 7 Keajaiban Dunia, semoga informasi ini bermanfaat...

Written by : Rinda Marestiani - Blogger

Assalamualaikum im Rinda. of Rinda Marestiani. Asli Blitar Jawa timur,,, '94 Generation. Memiliki Ibu yang luar biasa bernama Sudarwati dan Bapak super hebat bernama Suroso. Nah pada tanggal 15 Agustus 2014, tepatnya jika menurut kalender islam pas bulan syawal, di peristri sama lelaki hebat keturunan Madiun Sumbawa yang bernama Candra Aditya. Kesibukan saat ini full time be a lovely wife, learn blog, and 24 jam nemeni suami kerja. Thanks

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 comments:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete